INOVASI DI MASA PANDEMI DENGAN PELATIHAN PRODUK OLAHAN BAYAM

Administrator | 28 Oktober 2021 13:28:06 | Berita Lokal | 67 Kali

Sukoreno (28/10/21) - Warga Padukuhan Blimbing pada hari Rabu (13/10) melaksanakan pelatihan Produk Olahan Bayam yang bertempat di Pendopo Kopi Sawah kompleks Desa Wisata Jatimoncol Kalurahan Sukoreno Kapanewon Sentolo Kabupaten Kulon Progo. Pelatihan ini merupakan salah satu program dari rangkaian kegiatan Tim PHP2D HMPS Pendidikan Matematika UAD dengan bimbingan dari dosen Pendidikan Matematika UAD yaitu Bapak Syariful Fahmi, M.Pd.

Dalam pelatihan tersebut, peserta mendapatkan pelatihan tentang pembuatan keripik bayam dan nugget bayam serta pembuatan souvenir gantungan kunci yang terbuat dari resin dan bunga kering. Selain mendapatkan pelatihan tentang pembuatan produk, peserta pelatihan jugamendapatkan pemaparan yang sangat berguna setelah peserta mendapatkan keterampilan. Adapun materti tersebut adalah materi terkait  cara mengembangkan usaha home industry pada sektor olahan pangan khususnya olahan keripik, nugget bayam dan souvenir gantungan kunci. Tedi Fitriyadi selaku Ketua PHP2D HMPS Pendidikan Matematika mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada kelompok masyarakat Desa Sukoreno mengenai pembuatan produk olahan bayam yang sehat dan bernilai jual.Selain itu diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat mendorong kelompok masyarakat Desa Sukoreno agar mampu menghasilkan produk olahan sendiri untuk menjaga ketahanan pangan. Peserta acara ini berjumlah 11 orang yang terdiri dari perwakilan ibu-ibu PKK, Karang Taruna, Tim Produksi, dan KWT Menur Sari.

Acara ini dimulai pukul 13.15 WIB dengan pembukaan, kemudian sambutan dari ketua Tim PHP2D HMPS Pendidikan Matematika UAD lalu sambutan dari Dosen Pembimbing. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama oleh Nurhadi Rahmanto dari Dinas Koperasi dan UKM KAbupaten Kulon Progo. Materi pertama yang disampaikan mengenai cara mengembangkan home industry olahan makanan dan souvenir.  Selanjutnya, sesi kedua oleh Ibu  Cita Eri Ayuningtyas, S. GZ., M.P.H. pada sesi ini pemateri memandu pembuatan olahan  kripik dan nugget bayam. Selanjutnya tim PHP2D HMPS Pendidikan Matematika memandu warga untuk melakukan demonstrasi serta praktik langusung pembuatan souvenir bunga bayam kering. Pada akhir materi, terdapat penyerahan sertifikat oleh panitia kepada pembicara dan sesi foto bersama.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Jogja - Wates Km 20 Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo
Kalurahan : SUKORENO
Kapanewon : Sentolo
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55664
Telepon : 02747721735
Email : sukoreno1947@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID