Selamat Datang di Desa Sukoreno

Sukseskan pemilu 2019 "Pemilih Kuat Indonesia Berdaulat"

 

Profil Wilayah Desa

superadmin 05 Maret 2019 15:49:33

Profil Wilayah Desa Sidoharjo

Secara geografis Desa Sidoharjo terletak di wilayah pegunungan Menoreh Kulon Progo Utara, di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo dengan luas ± 1.352, 68 ha, dengan ketinggian antara 400 m – 800 m dari permukaan air laut dengan batas – batas wilayah sebagai berikut : 

  1. Sebelah Utara : Desa Majak Singi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang
  2. Sebelah Timur : Desa Banjaroyo, Desa Banjarasri, Kecamatan Kalibawang
  3. Sebelah Selatan : Desa Banjarasri Kecamatan Kalibawang dan Desa Purwoharjo Kecamatan Samigaluh
  4. Sebelah Barat : Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh

Berdasarkan kondisi geografisnya Desa Sidoharjo terbagi dalam tiga zona wilayah yaitu :

  1. Zona atas yang meliputi Pedukuhan Nglambur, Nyemani, Wonogiri, Madigondo dan Wonotawang yang sangat cocok untuk peternakan dan perkebunan terutama kopi , cengkeh, kelengkeng, manggis dan kakao.
  2. Zona tengah yang meliputi Pedukuhan Munggang Lor, Munggang wetan, Gorolangu, Tetes, Sumoroto, Nungkep dan Tukmudal yang sangat cocok untuk peternakan dan pertanian terutama tanaman pangan dan hortikultura.
  3. Zona barat yang meliputi Pedukuhan Sulur, Bleder, Keweron, Kedokan, sebo dan Gebang yang sangat cocok untuk peternakan dan pertanian terutama tanaman pangan dan hortikultura serta perdagangan.

Secara tipologis, Desa Sidoharjo secara umum sama dengan desa – desa yang lain yang ada di Kecamatan Samigaluh yang merupakan daerah perbukitan yang bergelombang dengan kemiringan tanah antara 30 % – 80 %, suhu udara antara 230C – 280C dan curah hujan antara 2500 MM – 3200 MM/ tahun, dengan kepemilikan luas lahan penduduk rata – rata antara : 0,25 Ha s.d. 1 Ha.

Aspek hidrologi suatu wilayah desa sangat diperlukan dalam pengendalian dan pengaturan tata air wilayah desa untuk menjamin rasa keadilan di masyarakat dalam penggunaan air baik air sebagai irigasi maupun sebagai sumber air minum yang utama. Berdasarkan hidrologinya, aliran-aliran sungai di wilayah desa Sidoharjo yang membentuk pola Daerah Aliran Sungai, yaitu DAS. Tercatat beberapa aliran sungai yang dipergunakan sebagai saluran irigasi kecil seperti :

  • Sungai Besi yang melintas di Pedukuhan Madigondo,
  • Sungai Krasak yang melintas di Pedukuhan Wonogiri, Madigondo dan Munggang Lor,
  • Sungai Kedung Peri yang melintas di Pedukuhan Nyemani, Munggang Lor, Munggang Wetan, dan Gorolangu,
  • Sungai Kedung Kobong yang melintas di Pedukuhan Tukmudal, dan Nyemani,
  • Sungai Siluwok yang melintas di Pedukuhan Keweron, dan Sulur,
  • Sungai Duren yang melintas di Pedukuhan Bleder, Sulur dan Sumoroto.

Disamping sungai diwilayah Desa Sidoharjo juga terdapat beberapa sumber mata air yang berfungsi sebagai sumber air bersih dan irigasi pertanian bagi masyarakat desa.

Aspek klimatologi berkaitan erat dengan gambaran iklim, yang sangat berkaitan aktivitas  manusia, untuk wilayah Desa Sidoharjo terdapat dua musim yaitu kemarau dan penghujan yang kesemuannya memberikan dampak bagi aktifitas masyarakat.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Umum Aparatur Desa & Aset Kaur Perencanaan & Keuangan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kasi Kemasyarakatan Staff Desa Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung