Selamat Datang di Desa Sukoreno

Sukseskan pemilu 2019 "Pemilih Kuat Indonesia Berdaulat"

 

CYPERUS ROTUNDUS TUMBUH SUBUR DI SUKORENO

Sukoreno 20 Desember 2019 10:09:25 Berita Desa

Desa Sukoreno (20/12/2019) - Cyperus rotundus adalah gulma pertanian yang biasa di jumpai di lahan terbuka. Tumbuhan ini biasa di sebut "rumput teki" dan merupakan salah satu gulma yang sulit dikendalikan, karena tumbuhan ini membentuk umbi dan geragih yang mampu mencapai kedalama satu meter. Hal tersebut membuat jenis rumput ini terhindar dari kedalaman olah tanah. Tanaman ini tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari, seperti di tanah kosong, tegalan, lapangan, pinggir jalan dan atau lahan pertanian dan tumbuh sebagai gulma.

Meski tanaman ini dianggap sebagai gulma, namun dibalik hal tersebut ternyata tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat penyakit dalam sistem pengobatan ayurveda (pengobatan tradisional India) dan di China. Di Pakistan digunakan untuk mengobati penyakit perut, sebagai diuretik dan stimulan serta meningkatkan sistem syaraf. Seperti dilansir Bibitbunga.com dalam https://bibitbunga.com/manfaat-rumput-teki-cyperus-rotundus-untuk-kesehatan/, rumput teki mengandung banyak senyawa kimia seperti minyak aromatik, alkoloid, mineral, vitamin, kalsium, fosfor, natrium, karbonat dan lain sebagainya. Dari banyaknya kandungan yang ada, rumput teki memiliki banyak manfaat antara lain :

  1. Mengobati penyakit kulit; Rumput teki digunakan dalam mengobati penyakit kulit seperti kudis, eksim, kutu air hingga panu. Tanaman ini bekerja dengan membantu mengurangi rasa gatal. Cukup dengan merajang atau menghaluskan daun rumput teki dan aplikasikan pada daerah yang terkena penyakit kulit.
  2. Mengobati gejala sakit mata; Ekstrak dari akar rumput teki mampu meringankan gejala mata konjungtivitis, untuk mengurangi rasa sakit dan kemerahan.
  3. Merawat kulit; Extrapone adalah formulasi khusus dari rumput teki yang digunakan untuk mencerahkan kulit dan telah banyak digunakan pada produk kecantikan. Akar rumput teki juga telah ditemukan memiliki sifat anti penuaan untuk kulit.
  4. Mengobati gejala PMS; Senyawa yang terdapat pada rumput teki mampu menormalkan gangguan pada payudara saat menstruasi dan menjaga suhu tubuh tetap normal.
  5. Menyembuhkan luka; Daun rumput teki dapat menyembuhkan luka luar dengan cepat. Anda bisa menumbuk daunnya hingga halus dan oleskan pada daerah yang luka.
  6. Menjaga sistem pencernaan; Rumput teki juga bisa diolah menjadi bubuk, dengan mengkonsumsinya mampu membunuh kuman atau cacing dan melancarkan pencernaan. Obat herbal yang terbuat dari rumput teki mampu melancarkan buang air besar.
  7. Mengobati diare; Menurut review yang diterbitkan pada tahun 2010  dalam "Journal of ayurveda dan Integrative Medicine". Para peneliti menemukan pengobatan dengan rumput teki menghambat gejala diare sebanyak 46%.
  8. Menurunkan berat badan; Rumput teki juga dapat menghambat kenaikan berat badan. Sebuah studi pada tahun 2007, para peneliti memberikan beberapa ekstrak rumput teki selama 60 hari pada sekelompok tikus (tikus di pilih karena sistem pencernaannya sama dengan manusia sehingga sering digunakan untuk ujicoba dalam penelitian). Kelompok tikus ini mengalami penurunan berat badan yang signifikan.
  9. Meredakan demam; Rumput teki dianggap sebagai ramuan terbaik untuk mengobati demam. Bila diterapkan pada tubuh, rumput teki mampu menginduksi keringat sehingga membantu menormalkan suhu tubuh.
  10. Mengobati gangguan mental; Akar rumput teki juga berguna dalam mengobati penyakit mental, epilepsi, dan psikosis.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Umum Aparatur Desa & Aset Kaur Perencanaan & Keuangan Kasi Pemerintahan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kasi Kemasyarakatan Staff Desa Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung