Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

CINTAKU BERSEMI DI KALI PAPAH

03 Februari 2020 09:03:19  Administrator  325 Kali Dibaca  Berita Lokal

Sukoreno (03/02) - Rasa cinta warga masyarakat Kalurahan Sukoreno tehadap lingkungannya, diwujudkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menjaga keseimbangan ekosistem dan kehidupan makluk air yang tinggal di Kali Papah. Salah satu wujudnya adalah tbenih ikan di Kali Papah, yang sudah beberapa kali dilakukan oleh sekelompok warga yang tergabung dalam Komunitas Peduli Kali Papah. Bahkan mereka menganjurkan kepada setiap pasangan pengantin baru untuk berperan didalamnya, yaitu tebar benih ikan. Usaha ini berhasil, sudah beberapa pasangan pengantin baru khususnya di pedukuhan Sukoponco, setelah melaksanakan akad nikah mereka juga melakukan tebar benih ikan yang di ikuti dan disaksikan oleh warga setempat. Selain mencurahkan rasa cinta terhadap pasangannya mereka juga mencurahkan cintanya terhadap lingkungannya. Cinta yang bersemi di Kali Papah mudah-mudahan akan  langgeng dan membawa mereka menjadi keluarga yang baik, keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah.

Usaha yang dilakukan oleh komunitas Peduli Kali Papah ini juga mendapatkan respon dan dukungan dari Pemerintah. Pada tahun 2019 lalu Dukuh dan Lurah Sukoreno (Kepala Desa waktu itu) juga memberikan sumbang sih untuk melestarikan lingkungan dengan membantu bibit ikan yang diserahkan kepada komunitas untuk ditebar di Kali Papah. Bahkan tahun sebelumnnya Sri Paduka Paku Alam X juga pernah melakukan Tebar Benih ikan di Kali Papah, tepatnya di Bendung Papah.

Ini merupakan wujud dan bukti bahwa Pemerintah dan masyarakat bersinergi dalam upaya melestarikan lingkungan. Karang Taruna Kalurahan Sukoreno bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan dan warga sekitar memasang spanduk dan larangan penggunaan jaring dan racun untuk menangkap ikan. Hal ini bertujuan untuk melestarikan dan menjaga ekosistem yang ada di kali papah.

Fenomena Kali Papah pada waktu sore hari dan hari-hari libur kini mulai berubah, dulu sepanjang kali hanya dihiasi pohon-pohon liar, namun sekarang sudah mulai teratur, terutama tempat yang menjadi favorit warga untuk mancing. Secara tidak sadar mereka membersihkan lingkungan sekitar yang sering digunakan untuk mancing dan nongkrong. Namun nongkrong mereka bermanfaat sekali bagi lingkungannnya, selain mendapatkan ikan untuk penambah gizi mereka juga membantu menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

    

Bagi yang penasaran bisa datang dan bergabung dengan mereka, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa memberikan alternatif hiburan sehat yang menguntungkan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Jogja - Wates Km 20 Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo
Kalurahan : SUKORENO
Kapanewon : Sentolo
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55664
Telepon : 02747721735
Email : sukoreno1947@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:12
    Kemarin:287
    Total Pengunjung:42.048
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.207.136.189
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID