Selamat Datang di Desa Sukoreno

Sukseskan pemilu 2019 "Pemilih Kuat Indonesia Berdaulat"

 

MANISNYA SERAT PANDAN

Administrator 14 Juni 2019 10:35:31 Produk Desa

Sukoreno (14/06/19) - Kerajinan dari bahan alam memang sudah menjadi warisan dari nenek buyut kita. Apalagi di Nusantara yang sangat melimpah sumber daya alamnya sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bahan membuat kerajinan tangan. Hasil dari kerajinan tangan Indonesia memang sudah diakui oleh berbagai kalangan di mancanegara karena hasil kerajinan yang dibuat memiliki beragam bentuk. Kreativitas serta inovasi dari anak-anak bangsa bisa menciptakan produk kerajinan yang unggul serta berkembang mengikuti kebutuhan serta perkembangan teknologi terkini. Bahan alam sebagai salah satu bahan dasar untuk membuat suatu kerajinan banyak tersedia di berbagai daerah di Indonesia.

Begitu pula dengan salah satu pengrajin dari Desa Sukoreno yang membuat kerajinan dari bahan alam, yaitu dari serat daun pandan. Kerajinan dari daun pandan merupakan kerajinan yang dibuat dengan cara menganyam daun pandan yang sudah dikeringkan menjadi berbagai kerajinan anyaman seperti tikar, alas sajadah, topi dan aneka kerajinan lain. Bahan baku dari daun padan bisa dikelola dengan cara yang sederhana dan menggunakan peralatan yang sederhana. Meskipun dalam pengadaan belum bisa mandiri karena ketersediaan bahan di Desa Sukoreno tidak ada. Pak Sutiyo (42) sebagai pemilik sekaligus pengrajin dari serat pandan ini saat ditemui dirumahnya mengatakan jika bahan baku daun pandan ini harus didatangkan dari wilayah Gunungkidul. "kalau bahannya ambil dari Gunungkidul sebagian,namun paling banyak ambil dari daerah Tasik." katanya sambil membuat anyaman dari bahan serat pandan.

Pak Sutiyo mengawali usahanya pada tahun 2004 dan masih berjalan sampai sekarang. Beliau saat ini sudah memiliki  kurang lebih 40 pekerja lepas ( bekerja dirumah masing-masing ). "orang yang kerja sama saya itu sekitar 40 orang,mereka mengambil bahan di tempat saya kemudian membuatnya di rumah masing-masing. Kalau sudah jadi baru mereka setor ke saya." kata pak Sutiyo. Keberadaan usaha ini menurut warga sekitar sangat membantu,karena mereka bisa mengerjakan dirumah sambil mengerjakan pekerjaan lain. "cuma buat sambilan saja,karena bayarannya tergantung jumlah setoran dan bentuk yang dibuat. Semakin banyak dan semakin rumit/besar bayarannya juga semakin banyak." kata salah seorang warga yang sedang mengambil bahan.

TEO Craft adalah nama dari usaha yang dirintis oleh pak Sutiyo. Usaha dari pak Sutiyo ini sudah mendapatkan Surat Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dari Kecamatan Sentolo. Dan untuk pewarna yang digunakan juga telah mendapatkan verifikasi dan terus diawasi oleh Dinas Perindustrian Kabupaten Kulon Progo.Hal ini dilakukan karena maraknya pewarna tekstil yang digunakan untuk pewarna makanan. Bahkan usaha Pak Sutiyo ini sudah pernah diiklankan dalam Tokopedia pada tahun 2015,namun karena ketersediaan bahan agak susah didapatkan maka beliau memutuskan untuk mengurangi jumlah produksinya dan memilih pasar yang lain. TEO Craft juga sudah memiliki web penjualan sendiri yaitu http://teocraft.blogspot.co.id/ ,namun karena kesibukannya kata beliau tidak sempat untuk mengupdate hagra dan barang hasil produksinya. "kalau mau beli bisa kami layani sesuai pesanan,baik warna maupun ukuran. Yang penting tidak mendadak karena kami masih terkendala ketersediaan bahan bakunya,namun kami tetap akan mengutamakan kepuasan pelanggan." kata pak Sutiyo sambil menikmati kopi panas didekatnya bekerja.

Istri dari pak Sutiyo yang dulunya ikut membantu beliau namun sudah sekitar 6 (enam) bulan ini mulai merintis sendiri usaha. Namun masih dengan jenis usaha yang sama yaitu kerajinan,hanya saja istri dari pak Sutiyo lebih memilih bahan dari benang. "bukan mau menyaingi usaha suami saya,tapi namanya usaha itu kan bisa dari berbagai macam ngak cuma dari bahan daun pandan saja" kata istri pak Sutiyo sambil merajut benang. Benang yang digunakan yaitu benang wol,benang gon(goni), benang Nilon dan bahkan dari daur ulang kertas majalah. Istri dari pak Sutiyo memilih kerajinan dari bahan benang karena bahan ini relatif lebih mudah didapatkan. "bahan dari daun pandan itu agaksusah didapat tapi kalau benang lebih mudah mencarinya,kadang malah ada yang nyetor/ngedrop benang kerumah." kata istri pak Sutiyo. Selain itu pembuatannya bisa dilakukan oleh kaum ibu-ibu sambil menjaga anaknya atau ketika menunggu anaknya sekolah. Sama halnya dengan yang dilakukan suaminya,istri pak Sutiyo juga menerima pesanan bentuk danwarna sesuai keinginan dari pelanggan.

Ketika ditemui dirumahnya sepasang suami istri ini menyambut dengan sangat senang karena bisa dibantu melalui web Desa Sukoreno untuk memasarkan produknnya. Bahkan mereka berterimakasih kepada Pemerintah Desa Sukoreno karena membantu dan memperhatikan pengusaha di daerahnya. Sehingga ketika Penyuluh memberikan sosialisasi tentang cara membuat berita tentang produk mereka dan tentang web desa,mereka sangat antusias. "Saya sangat senang karena dengan adanya web desa ini bisa membantu usaha kami,namun kami masih meminta bantuan kepada pihak Desa untuk membuatkan berita tentang produk kami ini. Karena kami gaptek untuk urusan komputer,waktu buat web aja di bantu oleh Dinas UKM Kabupaten." kata Pak Sutiyo.Dalam usahanya istri dari Pak Sutiyo ini menggandeng tetangga kanan kiri rumah sebagai pembuat,bahkan banyak juga yang dari daerah Bantul. "kalau yang bantu saya ngak bisa terhitung,karena mereka membuat sub sendiri. Jadi ada yang ambil benang banyak kemudian mereka menyebarkan ke orang lain lagi,namun untuk finishing saya dibantu oleh 2 (dua) orang pekerja yang bekerja di rumah." kata istri pak Sutiyo.

DAFTAR HARGA

Kranjang laundry

Harga : Rp 230.000,-

Satu set isi 3

Bahan serat pandan

Tas dengkeng popong

Harga Rp 70.000,-

Bahan serat pandan dan benang wol

Ukuran : ( L 13 / P 21/ T 25)

Baki 

Harga : Rp 65.000,-

Serat pandan dan raffia

Ukuran : ( L 30 / P 45 / T 7 )

Tas pandan Bulan Sabit

Rp 70.000

Bahan serat pandan

Tas pandan minang

Harga : Rp 75.000,-

Bahan serat pandan dan kepang mendong

Ukuran : (L10/P 20/ T 20)

Bok kotak set

Harga Rp 250.000,-

Satu set isi 4

Bahan pandan +raffia

Vas bunga

Harga : Rp 130.000

bahan pandan dengan kerangka besi

Tinggi 80 cm

( orderan sampai Australia)

Tas kotak mendong

Rp 150.000,-

Bahan mending,gantungan berbahan kulit

Order Negara araba

Tas oval pandan

Harga Rp 60.000,-

Bahan : serat pandan

Tas kotak pandan pita

Harga Rp 60.000

Bahan serat pandan dan pita kain

Tas pandan baigon

Rp 75.000

Bahan serat alami pandan

Tas pandan capil

Harga :  Rp 40.000

Tas pandan perahu m

Harga : Rp. 40.000

Bahan : serat pandan

 

Tas spongebob

Bahan : benang gon

Harga Rp.30.000,-

Ukuran :  L = 23 ;  T = 20

Tas karakter union

Harga Rp 15.000,-

Bahan: benang gon

Ukuran :  L = 14 ; T = 17

Tas owel

Harga Rp. 25.000,-

Bahan : benang gon

Ukuran / diameter = 19 cm

Tas apem

Ukuran diameter 15 cm

Harga Rp 13.000

Bahan : benang Gon (goni)

Tas majalah

Harga Rp 80.000,-

Bahan daur ulang kertas majalah dan tali rafia

Tas kain

Rp 55.000,-

Bahan kain

Tas karakter doraemon

Ukuran diameter 19 cm

Harga Rp 25.000,-

Bahan : benang Gon (goni)

Tas passport

Ukuran (L 14 / T 20 )

Rp 20.000,-

Bahan : Benang Nilon

Tas basket ( Satu set isi 3 )

harga Rp. 250.000,-

Paling besar 100.000

Tanggung 80.000

Paling kecil 70.000

Bahan rafia putih & putih,kepang mendong

Ukuran ( L 42 / T 30)

Untuk Pemesananan melalui :

Telp / WA : 081328349515

FB : https://www.facebook.com/teo.craft.1

Alamat tempat usaha : Dusun Banggan RT 41 RW 21, Desa Sukoreno, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55664

Komentar atas MANISNYA SERAT PANDAN

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Umum Aparatur Desa & Aset Kaur Perencanaan & Keuangan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kasi Kemasyarakatan Staff Desa Staff Desa Staff Desa Staff Desa

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung