LURAH SUKORENO AJAK WARGA BERTANI SECARA ORGANIK

Administrator | 30 Januari 2020 13:06:06 | 140 Kali

Sukoreno (30/01/2020) - Warga Kalurahan Sukoreno sebagian besar menggantungkan mata pencahariannya di bidang pertanian. Dengan luas lahan pertanian mencapai kurang lebih 450 hektar. Lurah Sukoreno berharap dengan kembali ke pertanian organik maka tanah pertanian di wilayah Kalurahan akan terbebas dari ketergantungan dengan pupuk kimia. Tak bisa dipungkiri bahwa pertanian saat ini sangat mengandalkan adanya pupuk organik. Selain itu Lurah Sukoreno juga ingin menjadikan pertanian mandiri dan penghasil sumber makanan mandiri. Untuk mendukung E-Warung yang berada di Kalurahan Sukoreno.

     

  

Menurut wikipedia.org pertanian organik adalah sistem budidaya yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan kimia. Beberaoa tanaman di Indonesia yang berpotnesi untuk dikembangkan dengan teknik tersebut adalah padi, tanaman holtikultura yang meliputi tanaman sayur, buah, bunga, dan tanaman obat-obatan. Pengolahan pertanian organik didasarkan pada prinsip kesehatan , ekologi, keadilan, dan kelestarian serta peningkatan kesehatan tanah, tanaman, hewan, bumi dan manusia sebagai suatu kesatuan karena semua kompoen tersebut saling berhubungan dan tidak terpisahkan.

Pertanian tradisional dalam bentuk yang telah sejak ribuan tahun di seluruh dunia merupakan pertanian organik. Pertanian dengan memanfaatkan ekologi hutan merupakan salah satu sistem produksi pangan pada masa prasejarah yang dipercayai merupakan pemanfaatan ekosistem pertanian yan pertama. Sedangkan pupuk kimia mulai dibuat pada abad ke-18 berupa superfosfat. Sehingga sebanarnya pertanian organik ini bisa dikatakan sebagai warisan leluhur yang harus dilestarikan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jl. Jogja - Wates Km 20 Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo
Kalurahan : SUKORENO
Kapanewon : Sentolo
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55664
Telepon : 02747721735
Email : sukoreno1947@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Statistik SID